Thursday, June 21, 2007

P-E-M-B-O-K-A-T

Pembokat.

Salah satu pekerjaan yang sering dianggap sepele. Kenapa?? anda bisa liat dari kasus yang menimpa TKI dari Indonesia yang lompat dari lantai 15 di apartemen tempat dia bekerja, di negeri jiran kita, Malaysia.

Tapi, walau sering dianggap sepele, ternyata penting juga lo peranan mereka. Kenapa bisa saya bilang penting? coba misalkan anda adalah seorang yang sangat super sibuk, jarang ada di rumah, dan memiliki rumah yang Amat.Sangat.Besar, lalu, datanglah musim Lebaran, pasti anda akan kebat-kebit bukan menghadapi seabreg "pekerjaan rumah" betul? *bukan pekerjaan rumah anak sekolah --" *.

Dan omong-omong tentang pembokat, gue juga punya pengalaman yang.. yaaa bisa dibilang ga mengenakkan buat pembokat gue..

Apa aja pengalamannya? okeh.. akan saya bagi sedikit kepada pembaca yang budiman sekalian..

Setting cerita saya kali ini mengambil waktu dimana saya masih jadi anak Sekolah dasar.


Dharma-Jaman-SD : MBAAAAAKKKKKK!!!!! AMBILIIINNN MINUUUMMMM!!!! *padahal tinggal ngesot beberapa langkah dari tempat gue diem --;*
Pembokat : iyaaaa.. ntar duluu,, mbak lagi goreng ayam...
Dharma-Jaman-SD : GA MAUUUUU!!! CEPETAAAANNN!!! AUUUUSSSS NIIIIIIIHH!!!! BILANGIN MAMA LOOOO!!
Pembokat : .... *langsung mengambil gelas yang letaknya hanya beberapa langkah dari tempat gue diem.*


Manja sekali? silahkan pikir sendiri. Dan yang ini, beda lagi :


Pembokat : Suwe.. ora jamu... *nyanyi lagu jawa sambil ngepel lantai, entahlah, kangen kali sama kampung halaman*
Dharma-Jaman-SD : Mbak, Dede ikut belajar ngepel dong?

...

(perhatian: Dede, itu nama kecil penulis, dan sampai sekarang, masih digunakan, TOLONG JANGAN TERTAWA!! --;)

... lanjut lagi.

Pembokat : Wah, tumben Dede mau belajar ngepel. *muka sumringah, mengira saya sudah tobat dan mau merasakan susahnya jadi pembokat --; *
Dharma-Jaman-SD : Iya mbaak... hehe.. boleh ya?
Pembokat : Bo.. leh.. *ucapan terputus karena saya sudah mencelupkan lapel secara tiba-tiba ke ember bilas*
Pembokat : .... *diam*
Dharma-Jaman-SD : Udah sana, mbak keluar aja dari kamar mama, ntar Dede yang ngepel semua. Dede udah sering kok liat mbak ngepel lantai...
Pembokat : ... *pergi dari kamar, terhipnotis ucapan seorang anak bangor yang bernama Dharma a.k.a Dede --;*


Sampai situ aja? belum, waktunya saya percepat menjadi 1 jam kemudian.


Dharma-Jaman-SD : Mbaaakkk!!! udah nihhh ngepel-nyaaa!!!!
Pembokat : wah... baaag....

*pembokat langsung stress, ngelihat kelakuan bocah-bangor-bernama-Dharma, ngepel lantai tanpa memeras kembali kain pel setelah di celupkan dari ember bilas. Terlihat dengan sangat jelas dari raut muka pembokat gue yang langsung bermuram durja. Kamar nyokap gue berubah seketika bak taman bermain air dengan suksesnya*

Tidak berhenti sampai disitu, ketika pembokat gue yang tadi sibuk mengeringkan lantai kamar nyokap gue yang udah dengan sukses gue "basahi", gue langsung ke tempat pembokat gue yang satu lagi..

tunggu..

Satu lagi?? oh, belom gue tulis ya? pembokat gue dulu ada 4 orang dalam satu rumah. 2 orang khusus buat ngurusin gue sama adik gue yang masih kecil, dan dua lagi ditunjuk menjadi pengurus rumah. Banyak sekali ya??

lanjut lagi...

Pembokat gue yang satu lagi itu lagi mau nyetrika baju, dan kebetulan lagi mau nyetrika baju kerja nyokap gue.

Dharma-Jaman-SD : mbak, lagi nyetrika ya? ikut dong?
Pembokat : boleh.. tapi hati-hati ya..
Dharma-Jaman-SD : oke.. *langsung menyetrika dengan setrikaan yang masih belum panas, karena baru aja di colokin ke steker.*
Pembokat : aduh, Mbak belom masak nasi buat makan siang nih.. mba' masak nasi dulu ya.. *meninggalkan gue dengan tenangnya karena setrikaan masih dalam keadaan dingin.*

5 menit kemudian..

Dharma-Jaman-SD : *pergi ngeloyor karena udah bosen*
Pembokat : *Masih di dapur lagi nyuci beras dan nyiapin dandang buat masak nasi*

6 menit kemudian..

Dharma-Jaman-SD : *nyalain TV*

20 menit kemudian...

Pembokat : *keluar dari dapur, kelar urusan masak nasi, tinggal nunggu mateng.* loh... kok nonton?? nyetrikanya.... *lari ke tempat setrikaan..* AAAARRRGGGHHH!!!! DEEEEDDEEE!!!!
Dharma-Jaman-SD: ha?? ada apa?? *pandangan mata tidak beralih dari layar televisi*
Pembokat : BAJUUUNNYAAA IBUUU!!!!
Dharma-Jaman-SD : O____O;;;; *kelupaan kalo setrikaannya di taro diatas baju kantor nyokap, bosen, nyetrika tapi ga rapi-rapi bajunya coz setrikaannya belum panas*

See??? betapa sangat-membawa-masalahnya-saya-kepada-pembokat-pembokat saya itu. Tapi untunglah, dengan bertambahya umur, saya semakin menyadari betapa pentingnya peran seorang pembokat didalam kehidupan keluarga.

Tapi, ada kalanya seorang pembokat menjadi seorang yang sangat menyebalkan. Nah, kalo yang ini, kejadiannya ketika saya duduk di bangku kelas 2 SMA, dan pembokat yang akan saya ceritakan adalah pembokat dari temen baik saya. Otto.

Suatu hari, dikamar Otto..

Edo : waaaa.... waaaa... waaaa... *lagi asik maen Winning Eleven di X-Box*
Hami : waaa... Shooottt!!! yaah... gagal.. *lagi asik maen Winning Eleven di X-Box, lawan si Edo*

tiba-tiba...

datang seekor kuntilanak yang bernama Sum.. *si Otto dan kawan-kawan sepakat menamainya seperti itu, akibat sifatnya yang sangat menyebalkan, dan selalu memasang raut muka seram ketika teman-teman si Otto datang berkunjung* sambil membawa sekaleng obat nyamuk semprot.. dan langsung menyemprot ruangan kamar..

Sum: Psssssttt... Pssstttt...
*menyemprotkan banyak-banyak obat nyamuk, berharap si Edo dan si Hami mati karena sesek napas*
Edo : T___T
Hami : T___T

tega..

ah, emang susah ya.. jaman sekarang kalo cari pembokat, sekalinya dapet, ada yang nyolong, atau engga, kerjanya ga bener. Tapi untung saja saya mendapatkan seorang pembokat yang jujur, dan dapat dipercaya. Sehingga aman-aman saja keadaan rumah, dan rumah saya kembali rapih seperti sediakala.

Ah, sampai sini sajalah postingan saya. sudah malam nih. Sampai jumpa di dalam postingan saya yang berikutnya.


p.s : pembokat gue yang "menghanguskan" baju seragam kantor nyokap gue, barangkali mengalami tekanan batin yang amat sangat, 3 bulan kemudian dia mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pembokat dari rumah gue. Secara gue dan adik gue udah jadi layaknya sepasang bocah edan.

p.p.s : Sum, pembokatnya si Otto, kemudian di pecat juga, karena perangainya yang sangat menyebalkan, dan ketauan sedang bergosip dengan pembokat tetangga. Gosipnya, *well, kata temen gue sih, gue juga ga tau pasti, ^^Y* doi ngomongin hal-hal yang engga bener mengenai majikannya, Orang Tua si Otto. dan langsung diusir dari kediaman si Otto pada waktu malamnya.

No comments: