Wednesday, June 27, 2007

Nyetir Mobil...

Nyetir mobil...

Gue punya pengalaman buruk mengenai hal yang satu itu. Waktu itu, gue masih kelas 3 Sd.. dan mobil Daihatsu Rocky-warna-hitam-nan-garang-itu, belum lama berpindah tangan dari saudara gue ke tangan bokap gue, baru sekitar 6 bulanan lah. Harganya? wah, ga tau deh, udah lama banget itu soalnya.

Selama 6 bulan pertama, gue masih seneng-seneng aja naik itu mobil, karena pada saat itu, Oom gue yang jadi supirnya, dan beliau sudah mendapatkan tanda lulus uji untuk mengendarai kendaraan, alias, SIM atau bahasa sananya, Driver License. *digetok.. karena dianggap terlalu British*

Nah, petaka mulai mendatangi gue ketika masa 6 bulan pertama itu habis. Kenapa? karena bokap gue mulai sebuah pembelajaran yang namanya belajar nyetir!!

"Tapi bukannya malah bagus ya?" *tanya seseorang di belakang sana, entah siapa namanya*

Bagus? tidak buat gue! karena, selama masa latihan itu, gue dan adik gue-lah yang selalu menjadi kelinci percobaan ketika bokap gue belajar nyetir. Sumpah! ngeri banget!! *raut muka orang ketakutan, kaya abis liat setan* Bayangkan saja, 2 orang anak yang masih di bawah umur diajak menikmati hidangan ala Daredevil begitu.

Begini lah kira-kira percakapan gue dengan bokap gue :

Papa: De, ikut papa yuk, papa mau coba jalan2 nih, di jalan gede, sekalian isi solar.
Dharma : O____O;;; *tampang mendadak pucat* isi solar pa? di jalan gede? sama siapa aja?
Papa : yaaa, sama kamu, kalau mau si Dhana juga boleh diajak.. ayooo... temenin papa, ya ya??
Dharma : *memikirkan resiko gagal jantung yang akan diterima* ya udah deh, itu si Dhana dipanggil dulu ya..
Papa : gih sana.. *muka dengan senyum lebar*

Setelah memanggil Dhana, mulailah bokap mengeluarkan mobil dari garasi, dan belum sampai di jalan raya, udah makan korban pot tanaman, pecah berantakan karena kesenggol bumper.. dan pembokat gue hampir mati sesek napas karena asep dari knalpot mobil...

....


O__O;;; awal yang bagus.. hahaha.. *tawa pasrah*


Dan dimulailah perjalanan-nan-mengerikan itu..

Papa : *mobil udah jalan hampir seratus meter* Kok rasanya berat amat ya? kayanya beda deh...
Dharma : *nunjuk-nunjuk ke arah dashbor* itu tuu...
Papa : Oooo.. pantes, itu rem tangannya belum di turunin.. tuh, indikatornya masih merah.. hehehe..


O___O;;; jalan seratus meter, rem tangan masih aktif ?? Great!! tampaknya ajal gue semakin deket deh..


Sampai di Gas Station *digetok lagi.. T_T* bokap langsung turun dan langsung teriak sama mas-mas penjaga SPBU.. "PULL TENG MAS!!!" --;; abis isi solar sampe pul tenk *tak lupa mobil ikut digoyang-goyang --;;*, bokap langsung loncat lagi ke balik setir. dimana gue, duduk di sebelah bangku supir, dan ade gue yang duduk di belakang, kembali mengumpulkan nyali.

Ketika akan sampai di belokan yang selalu macet di deket rumah, bokap gue langsung menunjukkan sikap yang selalu ditunjukkan oleh orang yang baru belajar nyetir : PANIK.

Papa : De, liatin sebelah kiri, aman gak?? Duh,, itu bemo sialan! ambil ambil jatah jalan aja!! *panik mulai menjalar ke otak*
Dharma : Kosong pa.. aman!! *lagak kaya co-driver rally*
Papa : DUH!! ITU MOTOR!! *mulai teriak teriak. sambil banting stir ke kiri*
Dharma : PAA!! ITU ADA TROTOAR!!! KE KIRI BANGET SIIHH!!!! AAA!!!


....


Mobil-Rocky-Hitam-Nan-Garang kepunyaan bokap gue berjalan dengan 2 roda selama sepersekian detik sehabis menghajar trotoar batu tak bersalah dengan sukses, dan tukang ojek yang ada di belakang mobil, alamat kena kanker paru-paru gara-gara menghisap asep knalpot mobil bokap gue.

Tukang Ojek : GOBLOK LU!!! BISA NYETIR GA SIH????!!!
Papa : O__O;;;; *Ngos.. ngos... peluh bercucuran*
Dhana : Udah tenaanng!!
Papa : *mencoba menguasai keadaan, tak lupa mengacungkan 2 jari tanda perdamaian kepada tukang ojek tadi..*

Setelah mendapatkan pengalaman-seperti-menjemput-ajal tadi, gue dan adik gue langsung ogah dan kabur kalau bokap gue ngajakin jalan-jalan pake mobil lagi. "KAGAK MAUUU!!" jawab gue sekenanya ketika bokap gue ngajakin lagi.

Karena sering mendapatkan jawaban "KAGAK MAUUU!!" bokap gue langsung berhenti dari les mengemudi, dan kehidupan berkendara gue kembali aman terkendali.



No comments: