Friday, April 11, 2008

“Network busy” / “Connection error”

Kedua kata itu yang sekarang paling sering gue liat di handphone gue kalo gue mau nelpon pake jasa provider selular yang “tarifnya murah gila-gilaan” dengan tarif “Nol Koma Semilyar per detiknya” Anda pasti tahu provider mana yang saya maksud kan??

Kalo gak tau, berarti anda adalah orang yang jarang nonton tv, dan juga jarang baca koran. (- -“)

Yep, kedua kata itu pasti selalu keluar ketika gue mau nelpon lewat handphone. Setiap abis maghrib, kalo gue mao nelpon, pasti gak bisa melulu.

Menyedihkan sekali ya? memang! Kalo menurut gue, perang tarif antar provider di Indonesia udah parah banget. Hampir semua provider saling banting harga, ada yang pasang tarif dari Rp 600,- sampe puas, ada juga yang pasang tarif 0,01 perdetik, terus ganti lagi jadi Nol Koma Semilyar per detiknya, dan sekarang udah di banting lagi menjadi “kurang-dari-tiga-ratus-rupiah” sampe puas.

Sayangnya, perang tarif yang gila-gilaan itu tadi juga di barengi sama pelayanan mutu buat konsumen yang juga jadi ikut-ikutan “terbanting jatuh”, contohnya, ya itu tadi. Mau nelpon aja susah! Bahkan sekedar nelpon customer service buat complain juga susahnya amit-amit jabang balita! *emosi*

Karena susah nelpon, ujung-ujungnya sekarang gue jadi keriting lagi jempolnya karena gue menggunakan lagi fasilitas sms yang notabene minim peluang untuk terjadi gangguan. Kalo smsnya gagal di kirim, palingan juga karena abis pulsanya. Kalo smsnya pending, paling juga handphone si penerima sms yang sedang dalam keadaan mati atau lagi ga ada sinyal.

Jadi, buat apa sebenernya ada tarif bicara murah kalau ujung-ujungnya banyak juga pelanggan yang balik lagi pake fasilitas sms-an karena kalo mau nelepon, sistemnya selalu overload?? Mendingan tarif bicara murah ga usah diadain aja sekalian.

Lagian, kalo pelayanan mutu masih juga “terbanting jatuh”, bukan gak mungkin kan kalo lama kelamaan para pelanggannya bakalan pindah ke operator lain yang lebih menjaga kualitas pelayanan dan mutu produk yang diberikan kepada para pelanggannya?? Ya gak?? Untungnya masih ada provider yang lebih memilih untuk menjaga mutu, memang, harganya lebih mahal sedikit, tapi kalo menurut gue itu sebanding dengan pelayanan dan mutu produk yang diberikan. Kasarnya, harga bicara!

Saran gue buat para provider yang saling bersaing tuh mendingan mereka ngaca dulu deh sama kemampuannya sendiri. Kalo diadain program tarif bicara murah, perhatikan dulu sistem yang mereka punya, mampu gak menampung sekian banyak telepon masuk dari para pelanggannya?? jangan sampe pelanggan terbengkalai karena sistemnya overload, atau sistemnya sibuk atau sistemnya sedang bermasalah atau berbagai alasan lain yang intinya, menyalahkan sistem. Kalo sistem yang bermasalah, berarti manusianya dong yang bermasalah? Kan sistemnya di buat sama manusia juga?? Ya ga?

Sekali lagi, perang tarif itu menyedihkan? Memang!

Cukup sekian upadate blog gue kali ini, sampai jumpa lagi di postingan berikutnya..

No comments: