Tuesday, April 22, 2008

I’m NOT Smarter Than A Fifth Grader..

Baru-baru ini gue nonton tayangan kuis yang Who Wants To Be A Millionaire (WWTABM) -look a like di tv kabel di rumah gue, sistemnya sama, ada beberapa pertanyaan, dan nilai duit yang bisa di bawa pulang kalo kita bisa jawab semua pertanyaan adalah sebesar 1 JUTA DOLAR. Ada pilihan bantuannya juga, tiga bantuan biasa dan satu bantuan khusus.

Cuma, yang jadi perbedaannya adalah ‘PERTANYAAN’ dari kuis tersebut, kalo WWTBAM, pertanyaan yang diajukan kepada peserta kuis adalah pertanyaan yang bersifat pengetahuan umum, dan kalo di kuis yang gue tonton ini adalah, “PERTANYAAN YANG BIASA DI TANYAKAN DI SEKOLAH DASAR!!” pertanyaan yang biasa di kasih buat anak kelas 1-5 SD.

Nama kuisnya, “Are You Smarter Than A Fifth Grader??” *buat yang belon tau, silahkan di klik aja*

Nah, ketika gue nonton itu, gue ngeliat satu orang bule yang umurnya berkisar 28 tahun, lulus dengan predikat memuaskan di kuliahnya, tapi kebingungan ngejawab pertanyaan matematika anak kelas tiga SD.

Menyedihkan. Kalo gue bilang.

Dan gue pun tertawa ngakak ngeliat tampang gak terima nya kalo dia harus minta bantuan sama anak yang baru duduk di kelas 4 SD. Dan tambah ngakak ketika dia gak bisa membawa duit sepeserpun karena si anak tersebut juga salah ngasi jawaban karena salah ngitung.

Tapi, tampaknya tertawaan yang gue keluarin itu mental lagi ke diri gue sendiri.

Beberapa hari kemudian, gue diminta tolong sama adik sepupu gue yang baru duduk di kelas 5 SD buat bantuin dia bikin PR matematika, dimana soal yang mesti dia kerjain adalah soal mengenai perbandingan pecahan.

Gue pikir, kenapa gak gue cobain aja bantuin dia? sekalian ngasah kemampuan matematik gue lah, udah lama juga gue gak ngerjain soal kaya gitu kan? Selama ini gue cuma berkutat sama yang namanya Syntax, Grammar, dan kuliah-kuliah lain yang selalu berhubungan dengan ilmu kebahasaan. So, gue terima permintaannya dia.

Dan seperti inilah soalnya:

Jumlah kelereng Budi adalah 80% dari kelereng Badu, jumlah kelereng mereka berdua adalah 144 butir. Berapakah jumlah kelereng mereka masing masing?


Ketika gue ngeliat soalnya, dan ketika gue langsung mencoba untuk mencernanya, tiba-tiba otak gue langsung buram!



Gue bingung bagaimana cara ngerjainnya!! Bertentangan sekali dengan kemampuan gue ketika gue masih duduk di jaman SMA, dan ketika gue masih duduk di bangku kuliah semester awal, dimana biasanya gue bisa mengerjakan soal matematika sekelas Integral ruang sekalipun.

Gue langsung ambil kertas coret-coretan, mulai mencari jawaban dari pertanyaan tersebut.

Dharma : *sibuk nyoret-nyoret*

Sepupu : gimana? Aku sih udah dapet jawabannya, tapi gak yakin.. itungin dong..

Dharma : *masih sibuk coret-coret di kertas buram yang warnanya seburam otak gue*

Sepupu : …

Dharma : *keringet dingin, mulai mules, kaya ngerjain soal SPMB, padahal sebenernya pelajaran itung-itungan kelas 5 SD*

Sepupu : *mulai coret-coret juga, memeriksa kembali pekerjaannya dia*

Dharma : *mulai menemukan titik terang, tapi terangnya redup lagi*

Sepupu : *selesai nyoret-nyoret, kening berkerut* Kok jawabannya sama ya? berarti bener dong jawabanku? Ah, coba itung lagi.. *kembali sibuk coret-coret*

Dharma : *makin tambah mules*

Sepupu : *udah selesai meriksa, proses menghitungnya dengan ajaib semakin meningkat* WAH! Bener lagi!! Berarti bener jawabannya!!

Dharma : *pasrah menerima keadaan, kertas buram gue penuh dengan coretan gak penting, dan gue rasa warnanya semakin bertambah buram*

Sepupu : gak jadi deh minta tolongnya, udah ketemu ni jawabannya.. *sambil tersenyum polos, senang karena berhasil memecahkan soal*

Dharma : ehehh,, bagus dong kalo gitu.. *tersenyum miris* eheheheh.. heh.. heh..

Dan sodara-sodara, gue rasa raut muka gue pasti sama persis sama raut muka orang yang gagal dapet duit dari kuis yang gue tonton itu.. dan gue juga jadi shock kalo…

GUE??? GAK BISA NGERJAIN SOAL MATEMATIKA ANAK KELAS 5 SD????

T____T

Gue yakin, kalo itu bule ngeliat raut muka gue, gue jamin dia bakalan ngakak sekenceng-kencengnya.. dan gue dengan pahit harus menerima dan menyatakan kalo gue ternyata gak lebih pinter dari anak kelas 5 SD.. T__T *menangis histeris, tidak kuat menerima kenyataan*

Yup, I’m NOT Smarter Than A Fifth Grader! *semakin histeris*

Silahkan tertawa, dan sampe jumpa dalam postingan selanjutnya..

No comments: