Wednesday, February 13, 2008

Hidup

"Arti hidup itu apa sih??"

Begitulah pertanyaan yang beberapa waktu lalu terus keluar dari mulut gue.. dan itu gue tanyain bukan hanya kepada diri gue sendiri, hampir semua temen sekelas di kampus gue juga gue tanyain kaya gitu. Bahkan dosen filsafat juga gue tanyain..

Jawabannya, macem2. Ada yang bilang dengan tegas dan jelas “Gak tau Ma” ada yang cengangas-cengenges sambil garuk-garuk kepala, ah, pokonya macem-macem.

Tapi, ada sebuah jawaban yang.. yaa menurut gue sih cukup disampaikan secara gamblang, dan gampang dimengerti. Jawaban itu gue dapet dari temen gue, Dinda namanya. Sewaktu gue tanya pertanyaan itu ke dia –lewat sms tentu saja, doi menjawab:

“Arti hidup?? Buat gue, hidup itu proses, hidup itu belajar, hidup itu pilihan..”

Pas dapet balesan kaya gitu, gue diem..

Kalo dipikir-pikir lagi, ada benernya juga..

Hidup itu proses, bener. Proses perjalanan, dimulai dari satu sel sperma yang berlomba-lomba menuju sel telur ibu, terus di kandung 7 bulan *well, itu karena gue lahir premature, dan lagian, subjek yang lagi di omongin di sini adalah, gue.* terus lahir, dan teruuuuuuss sampe gue disini, seorang mahasiswa semester 4 yang lagi duduk di depan computer, dan proses itu ga bakalan berakhir sampe nanti gue di panggil sama Hyang Widhi.

Hidup itu belajar, itu juga bener kalo menurut gue. Dari proses yang gue alamin, pasti gue bakalan dapet yang namanya pengalaman. Entah itu pengalaman pahit, seperti kecopetan misalnya. Pengalaman manis, seperti merasakan manisnya ciuman pertama dari sang pacar misalnya *thanks my dear..* dan pengalaman sepet.. (baca: sepet, seperti rasa buah) seperti di putusin pacar.. (well itu juga karena gue duluan sih yang nge-duain dia..) *dibunuh kaum hawa*. Nah, setelah dapet yang namanya pengalaman, pasti gue belajar dari pengalaman dong? Gak mungkin gue mau kecopetan dua kali?

Tapi, gue ingatkan disini, belajar dari pengalaman tidak hanya belajar dari pengalaman yang di alami diri sendiri. Belajar juga bisa dari pengalaman orang lain.. contohnya ga usah jauh-jauh. Liat aja para pengguna narkoba yang idupnya ancur gara-gara barang laknat kaya gitu, dan sekarang, mereka menyesal seumur-umur, masih untung kalo masih ada kesempatan hidup. Itu yang gue maksud belajar dari pengalaman orang laen.. amit-amit jabang balita deh, kalo gue mesti ngerasain yang namanya drugs.. jangan sampe!!

Hidup itu pilihan.. kalo ini juga bener menurut gue.. hidup itu pilhan. Pilihan mau kemana gue ngebawa idup gue ntar, apa idup gue mau di bawa susah, apa mau di bawa seneng??

Ya ga?

Pastinya, gue pengen idup gue seneng, bukannya itu impian yang umum buat semua orang ya?? Haha..

Tapiiii, nah, ada tapinya nih.. idup seneng yang gue maksud disini, bukan hidup seneng bergelimang harta, kalo hidup bergelimang harta, udah pasti semua orang senang bukan?? Haha.. Hidup senang yang gue maksud disini adalah “enjoy aja!!”, kaya iklan rokok ya?? memang. Enjoy aja, walaupun gue lagi dapet kesusahan, gue berusaha untuk tetap “bersenang-senang” dengan kesulitan yang gue hadapin.

Apa?? bagaimana cara gue untuk bisa tetap “bersenang-senang” dengan kesulitan?? Kuncinya adalah selalu berpikir positif. Yap. Itu udah terbukti buat gue, dengan selalu berpikir positif, gue ngerasa lebih mudah untuk menjalani hidup, baik itu dalam hal proses, belajar, maupun dalam menentukan pilihan. Lagian, itu juga bagus buat kesehatan pikiran dan muka gue.

Muka?? apa hubungannya?? Well,, biasanya orang yang selalu berpikiran negatif, akan selalu mengernyitkan muka, dan mengeryitkan muka itu amat. sangat. tidak. baik untuk kesehatan muka, muka jadi gampang berkerut, dan jadi kelihatan tua. Dan sebaliknya, orang yang selalu berpikiran positf, mukanya akan tetap segar, karena otot di sekitar muka sering olahraga, olahraga senyum dan tertawa, karena tidak ada hal yang membuat mereka untuk mengernyitkan muka.

Dan masih tentang berpikir positif, gue rasa gue punya judul buku yang bisa gue rekomendasiin. Judulnya, La Tahzan – Jangan bersedih, kalo ada yang berpikir “Si Dharma kan orang Hindu? kok mau baca buku Islami sih?” well buat gue, ga ada permasalahanya. Mau itu buku Islami, mau Kristiani, mau Hinduisme, Budhisme, Taoisme, atau apalah, yang penting, selama ada ilmu yang bisa gue ambil dari situ, dan bisa membuat gue lebih baik dari Dharma yang sebelumnya, apa salahnya kalo bue baca?? Betul tidak?? dan jangan khawatir, buat yang ga bisa bahasa Arab, ada terjemahannya kok di bawahnya.

Yak.. tampaknya gue udah terlalu banyak menulis disini..

Jadi, buat sementara ini, mengenai apa itu arti hidup, gue bakal berpegang sama pendapatnya si Dinda,

“Hidup itu proses, hidup itu belajar, hidup itu pilihan”

Buat para pembaca yang telah sudi untuk membaca postingan tidak penting ini,


I am open for comments.


Sampai jumpa di postingan selanjutnya.